Perencanaan Keuangan Ibarat Membangun Rumah

Assalamu alaikum Warahmatullahi Wabarokatu,

Baca Dulu Yuk

Perlukah sebuah pondasi dibangun untuk sebuah rumah? (silahkan jawab sendiri), layaknya sebuah rumah ada tiga bagian utama yang harus dibangun : Pondasi, dinding dan atap. Tentu pondasi adalah bagian penting dan pertama kali harus dibangun, apakah Anda setuju ?(silahkan jawab sendiri)

Setelah rumah jadi, apakah pondasi tersebut masih kelihatan? sudah tentu tidak kelihatan. Padahal jika dihitung anggaran untuk pondasi cukup mahal, bisa mencapai 20% dari total anggaran pembuatan rumah. Jadi misalnya dari biaya 1 Milyar, 200 juta bisa dihabiskan untuk pondasi saja.Tapi sesuatu yang menarik, walaupun biaya pondasi 20% dan tidak kelihatan, menurut Anda pondasi tetap penting?

Coba kita buat list sederhana kenapa kita harus membangun pondasi rumah ?

  1. Supaya rumahnya kuat
  2. Jikalau Gempa rumahnya tidak runtuh
  3. Supaya keluarga aman,jika-jika ada gempa
  4. Rumah kokoh berdiri, tidak khawatir rumah roboh,anak istri aman
  5. …….

Itu mungkin jawaban-jawabannya yang mungkin terlintas di benak kita, Nah dalam konteks perencanaan keuangan, pondasi tersebut adalah INCOME (penghasilan). Karena dengan income kita bisa membayarkan bagian rumah lainnya, yaitu pengeluaran keluarga kita masing-masing.

Apa yang menyebabkan INCOME ini ada? jika Anda renungkan adalah karena keberadaan Kita. Karena diri kita masih ” ADA” di tengah-tengah keluarga kita? (silahkan jawab sendiri).

Ternyata “ADA” saja tidak cukup, kita juga harus SEHAT ,sehingga kita bisa bekerja dan memberikan penghasilan utnuk keluarga kita. Artinya Keberadaan (ADA) kita dan KESEHATAN kita dalah dua faktor penting yang membuat INCOME kita ada.

Ibaratnya perencanaan keuangan seperti membangun rumah, setelah anda bangun pondasi (INCOME) baru Anda lanjutkan dengan membangun dinding (Rencana Saving,Rencana Dana Pendidikan Anak, Rencana Pensiun Ceria Suatu Saat nanti), dan jika sudah terbangun Pondasi dan dinding, maka Anda akan lanjutkan dengan Investasi.

 

Leave A Comment...

*