Dana Tabarru Dalam Asuransi Syariah

Assalamu alaikum Warahmatullahi Wabarokatu,

Dana Tabarru adalah kumpulan hibah yang terkumpul dari seluruh Pemegang Polis Asuransi untuk keperluan tolong menolong (antara lain dalam bentuk pembayaran Manfaat Asuransi selain Nilai Tunai) apabila atas diri Peserta atau Para Peserta terjadi peristiwa yang ditanggung.

Implementasinya seperti apa? yuk kita simak ilustrasi dibawah ini untuk mempermudah pemahamannya :

Misalkan ada 1000 orang yang profilnya sama seperti Anda (misalkan seluruh laki-laki, tidak merokok dan usianya 30 tahun), dan mereka semua memiliki asuransi yang nilainya Rp.100 juta, artinya ketika seseorang (katakanlah si fulan) meninggal, maka keluarganya akan mendapatkan santunan Rp.100 juta.

Secara statistika diperkirakan bahwa di tahun tertentu, bahwa 4 dari 1000 orang akan meninggal tahun ini. Maka diperlukan dana sebesar 4 orang x Rp.100 juta = Rp.400 juta untuk menyantuni keluarga 4 orang tersebut. Nah dari dana Rp.400 juta tersebut “dibebankan” secara merata ke 1000 orang yang ada, jadi masing-masing mendapatkan jatah iuran sebesar Rp.400 juta/1000 orang=400 ribu/orang/tahun atau sekitar 30 ribuan/bulan atau iuran perharinya sekitar seribu rupiah, inilah yang disebut dengan konsep tabarru.

 

Leave A Comment...

*